Subscribe Us

Cara Memperbaiki Black Screen Pada Komputer


    Kali ini saya akan memberikan sedikit Tips Dan Trik dalam komputer bila terjadi Black Screen pada komputer kalian nih, sebelumnya alat apa saja sih yang kalian butuhkan.

    Nah yang pertama kalian harus menyiapkan Toolkit berupa Obeng Plus, Obeng Minus, Penghapus Karet, dan sebuah Pasta Prosessor bila di perlukan, 

    Obeng Plus
    Obeng PLus
    Obeng Minus
    Obeng Minus
    Penghapus Karet
    Penghapus Karet
    Pasta Prosesor
    Pasta Prosesor
    Dari Toolkit di atas, saya sarankan untuk membeli Pasta Prosesor atau thermal paste yang bagus, mungkin kalian bisa beli yang ber merk. 

    Nah selanjutnya yang dapat kalian lakukan pada komputer kalian dalam ke adaan kondisi mati atau tidak nampil, pastikan kembali komputer memang setelah di nyalakan tidak nampil, kemudian, buka Kesing Penutup CPU kalian ni guys.

    Copot Kesing CPU
    Kondisi ini, tolong pastikan semua kabel sudah tercabut ya tidak ada yang terpasang, untuk menghindari terjadinya Short pada saat mencabut atau memasang kabel.

    Mungkin sebagian orang yang udah "biasanya'' boangkar-bongkar aman-aman saja ya guys, karena mau gimana juga mereka sudah terbiasa dan ini tutorial, dari pada terjadi hal yang tidak di inginkan, lebih baik ikuti saja step-step nya.

    Pada Step selanjutnya, kalian bisa mencopot beberapa port atau hardware yang terpasang pada Motherboard kalian nih, contohnya seperti DVD Rom, RAM, VGA Card atau Sound Card, hal ini bermaksud untuk mengurangi beban penggunaan pada Power Supplay atau biasa disebut PSU (Power Supplay Unit).

    Nah kemudian kalian bisa lakukan pembersihan RAM dengan menggunakan Penghapus Karet yang sudah kalian sediakan sebelumnya pada, pada sesi pembersihan ini, kalian bisa membersihkan dengan penghapus di bagian yang berwarna Kuning Emas nya ya guys, sampai bersih bolak-balik, namun harus berhati-hati juga dalam pembersihannya.
    Ram Cleaning
    Bersihkan RAM


    Oke kalau step di atas sudah selesai, maka coba pasang Ramnya dulu untuk part yang lainnya biarkan saja dulu tidak terpasang atau kena arus listrik, kembali lagi maksdnya adalah untuk mengurangi beban pemakaian listrik yang di supplay dari PSU.

    Untuk RAM usahakan pasang satu keping dulu bila pemakaian lebih dari satu, lalu nyalakan komputernya, maka biasanya komputer akan hidup, nah kemudian, bila sudah hidup maka coba pasang partnya yang lain, mungkin yang mudahnya DVD rom dlu, dan kemudian VGA Card, nah untuk VGA Card coba di bersihkan kembali pada pagian Kunignya sama seperti penjelasan memberihkan RAM yang sudah saya beri contoh tadi.

    Kemudian bersihkan slot PCie tempat VGA nya, hanya di tiup atau menggunakan Kuas tambahan lebih baik. 

    Kemungkinan ini akan berhasil dan berjalan pada semestinya, namun bila semua mengikuti tutorial nya, kita ambil saja ini semua tidak berhasil dari step pemasangan RAM kemudian saat dinyalakan tetap tidak nampil, dalam kondisi VGA Card dan DVD Rom sudah tidak terpasang. 

    Nah bila komputer kalian tetap tidak nyala atau tidak tampil di monitor, walaupun kondisi komputer kalian hidup, coba cabut prosesornya, dalam kondisi mati, lihat pasta prosesornya atau langsung saja ganti, kemudian.

    Lakukan penggantian pasta prosesor ya guys, tapi sebelumnya kalian harus bersihkan bekas lama pasta prosesornya ya, nanti kemudian kalian lakukan penggantian pasta nya, usahakan tidak kebanyakan karena blepotan, dan usahakan kembali tidak terlalu dikit, eaaaaakkk, ribet yaa.

    Kemudian pasang Heatsink dan nyalakan, sampai step ini biasanya sudah berjalan normal atau nampil gambar ya guys, balik lagi VGA Card dan DVD Rom belum terpasang.

    Anggap saja masih belum nyala juga ya guys, nah untuk hal ini kalian bisa coba Clear Cmos nah untuk cara ini memang bagi kalian yang new dalam hal komputer agaknya ribet ya, saya beri contoh gambar : 

    Pada gambar disamping adalah gambar dimana letak Jumper untuk Clear Cmos Berwana anak panah Merah, kemudian kalian bisa cabut dan pinda letak Jumper di sebelahnya, lihat pada gambar di sebelah kiri Jumper ada 1 kawat ya guys, nah kalian pindahkan sisakan 1 kawat di kanan.

    Untuk mudahnya, kalian bisa cabut batre yang ada di motherboard dan pasang kembali dalam keadaan listrik terhubung pada komputer ya guys, sama dengan cara Clear Cmos di atas.


    Kesimpulan: 
    Semua part dalam kondisi berdebu, yang mengakibatkan arus pada listrik tidak stabil dan kemudian hal yang paling umum terjadi adalahpada sektor PSU yang sudah usang atau minta di ganti, atau memang kondisi suhu yang membuat debu selalu ada.

    Oke mungkin ini saja yang bisa saya berikan dan bila ada yang belum paham mengenai Komputer tidak nampil bisa komen atau japri saja saya bila diperlukan ya guys, wassalam.




    _lastyoungboy_

    Posting Komentar

    0 Komentar