![]() |
CAPTCHA dan reCAPTCHA |
“ Keamanan di bidang TI seperti mengunci rumah atau mobil – tidak menghentikan pelaku kejahatan, namun jika cukup baik, mereka mungkin akan beralih ke sasaran yang lebih mudah.” – Paul Herbka
Kutipan ini menyederhanakan kebenaran penting, terutama mengingat hampir setengah (47,4%) dari seluruh lalu lintas web berasal dari bot. Orang-orang jahat ini terus-menerus melakukan upaya untuk membobol aset digital Anda, dan Anda jelas bukan target termudah!
Sama seperti Anda mengunci pintu, situs web Anda juga berhak mendapatkan perlindungan. Dan ada jenis pembela khusus yang dapat Anda atur untuk melawan ancaman digital – Captcha.
Jika Anda terbiasa browsing online, maka Anda pasti sudah berkali-kali menjumpai captcha. Captcha berfungsi untuk melindungi situs web Anda dari penipuan dan penyalahgunaan dengan memutuskan siapa yang akan dimasuki– manusia atau program komputer licik (robot)! Pemilik situs web menggunakan captcha seperti penjaga gerbang virtual untuk menjaga aset digital mereka secara efektif.
Jadi, jika Anda ingin situs web Anda terhindar dari orang jahat, Anda juga harus menggunakan captcha tersebut. Tapi yang mana, reCaptcha atau hCaptcha?
Dalam pertarungan reCaptcha vs hCaptcha ini, kami akan membahas setiap aspek secara mendetail yang akan membantu Anda memutuskan mana yang cukup baik untuk memblokir pembuat onar di situs web Anda.
Apa itu aktivitas bot berbahaya ?
Mari kita lihat beberapa jenis aktivitas bot berbahaya :
- Isian kredensial
- Pengikisan konten
- Pembobolan kata sandi
- Penimbunan persediaan
- Konten web spam
- Pemanenan email
- Klik penipuan dan banyak lagi
Apa yang dimaksud dengan captcha ?
Berbagai jenis captcha
- CAPTCHA berbasis gambar: Anda perlu memilih gambar tertentu yang cocok dengan deskripsi/kriteria yang diberikan.
- Teks CAPTCHA : Anda akan melihat teks terdistorsi/kacau yang perlu Anda pecahkan kodenya dan ketikkan ke dalam kotak teks secara akurat.
- Audio CAPTCHA : Anda perlu mendengarkan klip audio yang berisi kata atau angka yang diucapkan dan perlu mengetikkan apa yang Anda dengar di kotak tertentu.
- CAPTCHA Matematika: Anda perlu menyelesaikan masalah matematika sederhana.
- Slider CAPTCHA : seret slider ke posisi tertentu atau selesaikan tindakan seperti teka-teki untuk membuktikan bahwa Anda adalah manusia.
- Centang kotak CAPTCHA : Anda akan diminta mencentang kotak untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot.
- NoCAPTCHA reCAPTCHA : Variasi reCAPTCHA di mana Anda hanya perlu mencentang kotak yang bertuliskan “Saya bukan robot.”
- ReCAPTCHA tak terliha t: Jenis CAPTCHA ini berjalan di latar belakang dan menggunakan analisis perilaku untuk menentukan apakah Anda manusia atau bot.
- CAPTCHA 3D : Anda perlu memutar atau memanipulasi objek 3D ke orientasi tertentu.
- CAPTCHA Media Sosial : Anda perlu memecahkan tantangan terkait media sosial.
- Game CAPTCHA : Anda perlu memainkan game pendek, memecahkan teka-teki, atau menyelesaikan tugas kecil.
Mengapa Captcha Penting : membedakan bot dan manusia
![]() |
CAPTCHA dan reCAPTCHA |
- Lindungi situs web Anda dari aktivitas jahat : Dengan mengidentifikasi dan memblokir robot dari situs web, Anda dapat melindungi aset digital Anda dari potensi ancaman seperti spam, peretasan, dan pengikisan data rahasia.
- Meningkatkan pengalaman pengguna : Dengan mengurangi spam dan pesan yang tidak diinginkan, robot pemblokiran dapat meningkatkan pengalaman pengguna.
- Tingkatkan keamanan : Dengan menghalangi akses bot ke situs web Anda, captcha dapat meningkatkan keamanan situs secara keseluruhan.
- Perlindungan akun : Captcha membantu mencegah serangan otomatis terhadap akun pengguna.
- Kualitas Data : Captch dapat membantu menjaga kualitas data yang dihasilkan pengguna yang dapat mendistorsi analisis atau mencemari database.
Apa itu reCaptcha?
![]() |
Apa itu reCaptcha? |
- Kotak centang : Pengguna situs web harus mengklik kotak centang untuk memverifikasi bahwa mereka adalah manusia.
- Pemilihan gambar : Pengguna perlu memilih gambar tertentu dari sekelompok gambar untuk diverifikasi.
- Tantangan audio : Perlu mendengarkan rekaman audio dan menyalin kata atau angka untuk memverifikasi.
Bagaimana cara kerja Google reCaptcha ?
![]() |
reCaptcha |
Data yang dikumpulkan ini kemudian diproses oleh Mesin Analisis Risiko
![]() |
CAPTCHA dan reCAPTCHA |
Keuntungan menggunakan reCaptcha
- Nilai merek itu penting. Orang-orang suka menggunakan layanan Google karena popularitasnya yang luar biasa.
- reCaptcha kompatibel dengan pembaca layar utama seperti ChromeVox, NVDA, dll untuk pengguna tunanetra.
- Setelah API dikonfigurasi, pengguna memiliki opsi untuk memilih integrasi sisi klien antara reCaptcha v2 dan reCaptcha v3.
- Yang terbaik dari semuanya, ia menawarkan penggunaan hingga satu juta penilaian per bulan secara gratis.
Kekurangan menggunakan reCaptcha
- Tiongkok memblokir Google dan layanannya, sehingga fungsi reCAPTCHA menjadi terbatas, sehingga memengaruhi penggunaannya secara luas di komunitas digital terbesar di dunia.
- Masalah pelabelan data implisit saat melakukan tugas reCaptcha yang sering kali secara tidak sadar berkontribusi pada inisiatif pembelajaran mesin Google.
- Beberapa gambar reCaptcha berkualitas rendah sehingga menyulitkan pengguna tunanetra.
- Baik reCAPTCHA v2 dan v3 tidak memiliki fitur dan dukungan yang ekstensif, dengan v3 menjadi versi yang lebih ramah pengguna namun memerlukan biaya yang cukup mahal.
- Opsi penyesuaian hanya tersedia untuk pengguna tingkat perusahaan.
- reCaptcha sering dianggap tidak mematuhi GDPR.
- Selalu ada pusing mengenai privasi dan penggunaan data.
Apa itu hCaptcha?
![]() |
hCaptcha |
Bagaimana cara kerja hCaptcha ?
![]() |
cara kerja hCaptcha |
Keuntungan menggunakan hCaptcha
- hCaptcha menawarkan insentif pengguna potensial bagi mereka yang berhasil menyelesaikan tantangan hCaptcha.
- Ini mematuhi Bagian 508 dan WCAG 2.1 AA untuk memastikan pengalaman inklusif bagi semua pengguna.
- Hal ini memastikan penekanan yang kuat pada privasi, memprioritaskan perlindungan dan kerahasiaan data pengguna.
- hCaptcha memungkinkan penyesuaian menggunakan JavaScript API
- hCaptcha tersedia di semua negara
- Gratis untuk digunakan hingga satu juta penilaian per bulan
- Ada paket pro untuk lebih banyak fitur dan kemampuan.
Kekurangan menggunakan hCaptcha
- Insentif dan donasi hanya dicantumkan sebagai bagian dari rencana penerbit, namun tidak ada dalam rencana pro dan perusahaan.
- Meskipun hCaptcha mengklaim mematuhi Bagian 508 dan WCAG 2.1 AA, tugas berbasis gambar mungkin menimbulkan masalah aksesibilitas.
- Karena beberapa gambar berkualitas rendah, menyelesaikan sesuatu bisa jadi lebih sulit.
- Perusahaan induk hCaptcha tidak mengungkapkan perusahaan mana yang mendapat manfaat dari pelabelan gambar pengguna.
reCAPTCHA vs hCAPTCHA : Perbedaan Utama
![]() |
reCAPTCHA dan hCAPTCHA |
Pengembangan & Kepemilikan
- reCaptcha: Produk Google dan salah satu sistem CAPTCHA yang paling dikenal luas. Pengembangannya memanfaatkan keahlian Google dalam pembelajaran mesin dan teknologi AI.
- hCaptcha: hCaptcha dimiliki oleh Intuition Machines, sebuah perusahaan yang berfokus pada AI dan pembelajaran mesin. Ini memberikan alternatif untuk reCaptcha.
Fokus Privasi
- reCaptcha: Perusahaan ini menimbulkan kekhawatiran tentang privasi & keamanan data, karena perusahaan ini mengumpulkan aktivitas pengguna untuk meningkatkan model pembelajaran mesinnya. Beberapa pengguna mungkin merasa praktik ini tidak nyaman.
- hCaptcha: hCaptcha berfokus pada privasi pengguna dan telah menerapkan standar untuk meminimalkan pengumpulan data. Ini berupaya untuk menyeimbangkan pencegahan bot dan perlindungan data pengguna.
Pengalaman pengguna
- reCaptcha: reCaptcha mudah digunakan. Tantangannya sering kali mencakup memilih gambar atau memecahkan teka-teki. Ia juga memiliki opsi “ReCaptcha Tak Terlihat”, yang mendeteksi robot di latar belakang tanpa tindakan pengguna.
- hCaptcha: hCaptcha memberikan berbagai tantangan seperti mengidentifikasi objek dalam gambar atau memecahkan teka-teki. Ini berupaya menciptakan tantangan menarik yang tidak terlalu membosankan bagi pengguna.
Aksesibilitas
- reCaptcha: Menawarkan tugas audio untuk pengguna penyandang disabilitas. Namun, beberapa tantangan yang bersifat visual mungkin masih mempersulit aksesibilitas.
- hCaptcha: hCaptcha sangat menekankan pada aksesibilitas, dengan fokus memastikan bahwa tantangan bersifat inklusif dan dapat diselesaikan dengan mudah oleh pengguna penyandang disabilitas.
Kustomisasi dan Branding
- reCaptcha: reCaptcha dapat disesuaikan sampai batas tertentu, namun pembentukannya terkait erat dengan merek Google, yang mungkin tidak selaras dengan merek semua situs web.
- hCaptcha: hCaptcha memungkinkan penyesuaian ekstensif, memungkinkan situs web menyelaraskan desain Captcha dengan merek mereka secara lebih efektif.
Opsi Monetisasi
- reCaptcha: reCaptcha tidak menyediakan opsi monetisasi langsung untuk pemilik website.
- hCaptcha: hCaptcha menawarkan opsi monetisasi yang memungkinkan pemilik situs web memperoleh pendapatan dengan menggunakan solusi Captcha di situs web mereka.
Pembangunan dan Integrasi
- reCaptcha: reCaptcha telah ada sejak lama dan telah menjalin integrasi dengan berbagai platform.
- hCaptcha: hCaptcha relatif baru namun mendapatkan daya tarik dan memperluas integrasinya. Namun, ekosistemnya mungkin tidak seluas ekosistem Google.
hCAPTCHA vs reCAPTCHA: Mana yang tepat untuk Anda?
Plugin formulir kontak WordPress dengan captcha
![]() |
Fluent Forms |
Create Powerful Forms for Every Need
![]() |
Powerful Forms for Every Need |
![]() |
Build an online form |