Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows Apapun

Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows Apapun



Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang paling umum di cari pada sebuah internet, nah pengguna umumnya mencari cara untuk mempercepat kerja atau kinerja sebuah laptop yang baru saja di belinya, kondisi ini terkadang cukup aneh ya, kenapa aneh, laptop yang baru saja di beli dan ingin meningkatkan kinerjanya sedemikian rupa, tentu saja ini sebagai tindakan yang aneh menurut saya.

Mungkin sebagai pembeli itu sah-sah aja tetapi terkadang hal seperti ini sebagai catatan penting anda, bahwa garansi itu ada jangka waktunya, dan semua tercover sisitu, tentu dengan peraturan yang berlaku di garansi tersebut.

Sebuah laptop dengan spesifikasi Minimum atau standar Hardware pada 2018-2019 paling umum itu DualCore Dengan kecepatan prosesor 2Ghz itu sudah lebih dari cukup untuk menunjang kerja aplikasi pengetikan, Browsing, Nonton Film, Mendengarkan musik. 

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit oprekan saya atau spesifikasi yang membuat kinerja sebuah laptop sedikit lebih cepat dari pabrikan, atau bisa di bilang oprek kecil, mari kita ke bagian tutorialnya : 

Ram (Random Access Memory)

1. Ram atau lebih di kenal umumnya "memory", kalian bisa menambahkan sebuah kapasitas dalam ram ini ya guys, untuk menambahnya tentu yang harus di perhatikan adalah merk, Slot Ramnya Type berapa (DDR3) umunya kebanyakan, dan biasanya ada dua slot ram, nah disini kasus yang paling membingungkan, pada saat kalian membeli laptop tentu saja sudah terdapat ram didalamnya berukuran 2GB ini umumnya, tetapi ketika kalian ingin meningkatkan kecepatan akses laptop tentu ram ini sebagai faktor paling krusial pada prakteknya, pada saat ada ram 2 GB kalian mau beli atau mau nambah kapasitas 4 GB enaknya kl ada slot 2 adalah tinggal tambah saja, sedangkan kalau cuma 1 slot kalian harus menggantinya dengan 1Slot/Pcs ram ukuran yang kalian inginkan.

VGA Memory Onboard Integrated

2. Pada kasus ini kebanyakan pengguna laptop yang memiliki Budget pas-pasan ingin sekali laptop itu untuk bermain game yang kualitasnya bagus sekali, Mindset seperti ini yang saya temui cukup banyak di kalangan teman dan tetangga saya, Mindset seperti ini harusnya kita yang paham harus meluruskannya, sebab pada akhirnya para pemakai laptop pas-pasan akan menyesal kemudian setelah sang laptop ini jebol pada waktunya, hahahahahahahaha, gemes juga kadang-kadang melihat orang yang beli laptop spesifikasi pas-pasan tetapi memaksakan untuk bermain game yang bagus dari segi gambar dan lain-lainnya, nah untuk hal ini kalian bisa saja memanfaatkannya dengan menambah kapasitas Memory VGA Internalnya di bagian Bios setelah kalian tambah Ram pada memori laptop karena akan mengurangi kapasitasnya, dan harus di ingat sangat di ingat sekali laptop spesifikasi rendah jangan buat game berat yaaa guyssss.

Windows

3. Guanakan Windows yang terbilang ringan contohnya Windows 10 yang saya pakai di laptop acer aspire 4750z kapasitas ram 4GB 2 Slot ram atau Dual Chanel, bila kalian ingin memanfaatkan moment penambahan part pada laptop kalian, mungkin sekalian aja kalian instal Windows di laptop menggunakan Windows 10 ya guys, dan yang paling penting adalah Bit pada Windowsnya, kalau saya sarankan gunakan Windows 10 32bit itu akan meringankan kinerja ramnya, kalaupun ada yang bilang Ram 4GB wajib hukumnya menggunakan Windows 64Bit, ini sah-sah saja toh memang benar ada nya kalau pake Windows 64 Bit Usable pada Ramnya akan sesuai dengan kapasitas ramnya, tetapi pada kenyataanya laptop yang kalian gunakan pada spesifikasi rendah tidak memerlukan Bit yang besar, karena aplikasi dan lain-lainnya hanya mencakup aplikasi standar saja, mungkin bagi kalian pengguna laptop kelas Hight End kalian bisa lah seperti yang saya katakan tadi. 

Program Start UP

4. Pada sebuah Windows tentu kalian pernah lihat dan perhatikan saat-saat kita ambil contoh antivirus Smadav, Saat windows mulai masuk Windows akan menampilkan PopUP atau tampilan Antivirus ini, yang artinya Program StartUp ini kalian bisa manfaatkan sebagai faktor penunjang kinerja laptop, matikan aplikasi yang tidak perlu, Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.

Pada tampilan Task Manager seperti saya berikan ini, begitu banyak Aplikasi yang otomatis berjalan pada saat Windows Start atau awal mulai aktif, nah ini yang memicu begitu beratnya untuk langsung memulai sebuah pekerjaan yang dilakukan pada saat kita menggunakan komputer.

Hal lain di bagian ini kalian bisa memantau program "aneh" yang berjalan begitu sering dan memakan banyak memory, bisa saja itu virus dan dia memanfaatkan Memory pada komputer untuk berjalan yang tidak semestinya.

Dalam hal ini kalian bisa kurangi sekiranya hingga komputer atau laptop kalian terasa lebih nyaman digunakan, tapi kata "nyaman" ini relatif ya guys, karena sebuah perangkat di katakan nyaman adalah apabila tidak banyak crash dan Program tiba-tiba berhenti, itu definisi Nyaman bagi saya. 

Uninstal Aplikasi

5. Bagian ini yang sangat saya sarankan untuk membaca dengan seksama dan simak baik-baik, pada hal Uninstal Aplikasi ini kalian harus memperhatikan aplikasi yang sekiranya tidak digunakan atau tidak tau ini aplikasi apa fungsinya, terkadang kalian yang asal instal aplikasi tidak memperhatikan aplikasi yang ikut terinstal, contohnya Cromium Browser, Opera Browser, Antivirus Mcafee, dll aplikasi ini tergolong kecil dan terselip di saat kalian asal instal aplikasi saja, apalagi yang senang dengan download-download aplikasi di Internet, gunakan aplikasi yang hanya berguna bagi kalian saja ya guys. 

Windows Update

6. Pada bagian ini cukup rumit permasalahannya, karena bagi kalian yang membeli laptop baru atau bekas terkadang menginginkan harga miring, karena kebijakan harga ini bisa di siasati dengan menggunakan windows yang bajakan, sedangkan kalian yang mempunyai kocek tebal mungkin pada kasus Windows ini di kasih yang original, sebab Windows jika di update sesuai peruntukannya akan meningkatkan kapasitas dan memperbaiki Bug atau program kesalahan yang ada pada windows, tetapi pada kebanyakan kasus Windows Update yang di gunakan pada wIndows tidak ori atau bajakan akan mengakibatkan Windows eror dan blank Screen pada layar, atau bisa di bilang wallpaper tidak bisa di tampilkan, mungkin bagi sebagian "ahli komputer" hal ini biasa di tanganinya mungkin dengan menggunakan Windows activasi atau sebagainya untuk menyembuhkan penyakit ini. 

Mungkin demikian hal yang saya bisa berikan kepada kalian sebagai trik dan tips untuk mendapatkan performa laptop yang kalian cari, dan untuk mendapatkan performa di laptop yang pas-passan, tolong pesan saya jangan di gunakan untuk gaming yang terlalu berat dan sering, pada kenyataan 70:50 orang yang rusak akibat penggunaan Gaming, dan ada juga yang awet pemakaiannya pada laptop pas-pasan untuk gaming, balik lagi merk dan kualitas yang ada pada laptop itu sendiri, monggo di  cerna baik-baik dan di manfaatkan laptop itu dengan bijak dan benar. 


Posting Komentar

- Gunakan Komentar Yang Baik
- Dilarang Spam Link Dalam Bentuk Apapun
- Blog Wallking Monggo..!!
- Gunakan Link Mati Untuk Blog Wallking

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak